jpnn.com

Kamis, 10 Agustus 2017 | 02:35:03

Tidak Punya Modal Bisnis? Jangan Pernah Jual Aset Anda!

Tidak Punya Modal Bisnis? Jangan Pernah Jual Aset Anda!

Kita semua pasti ingin memiliki sebuah bisnis yang mampu menghidupi diri sendiri dan keluarga.

Apalagi jaman sekarang ini, untuk mencari pekerjaan sangat sulit sekali. Jumlah pencari kerja dengan lowongan yang ada sudah sangat tidak seimbang.

Kondisi tersebut makin diperparah dengan serbuan tenaga kerja asing yang semakin tidak masuk akal jumlahnya.

Saat ini mencari pekerjaan adalah hal yang membuang waktu dan tenaga.

Satu-satunya jalan yang bisa diambil adalah dengan memulai sebuah bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan modal besar.

Tidak perlu muluk-muluk berkeinginan memiliki bisnis sebesar perusahaan Apple.

Yang penting pendapatan awal kita sudah sedikit melebihi UMR yang diterima oleh pegawai perusahaan.

Lalu bagaimana jika kita sama sekali tidak memiliki modal untuk mendirikan usaha atau untuk membeli barang yang akan dijual?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah sebisa mungkin hindari yang namanya hutang.

Lalu bagaimana caranya?

Kita dulu pasti teringat dengan iklan Tokobagus (sekarang OLX) kan?

Di iklan itu menayangkan barang-barang yang ada disekitar kita beserta list perkiraan harga dari barang tersebut.

Menurut saya iklan tersebut sangat keren.

Baiklah, dari iklan tersebut kita bisa mendapat inspirasi untuk memperoleh modal usaha. Tapi sedikit di modifikasi ya atau tidak sepenuhnya mengikuti pesan yang ada di iklan tersebut.

Kita tidak perlu menjual barang-barang milik kita tapi menggadaikannya.

Ya, saat ini mendapatkan uang dengan sistem gadai jauh lebih menguntungkan dibandingkan menjualnya.

Lalu apa saja keuntungannya?

  • Barang tersebut masih bisa kita gunakan untuk menunjang kegiatan bisnis kita seperti motor/mobil operasional, laptop untuk administrasi, smartphone untuk komunikasi dll.
  • Menjual barang biasanya lebih sulit karena terlalu banyak saingan. Anda bisa cek di toko online yang terkenal seperti olx atau tokopedia, untuk satu produk sejenis saja, yang menjual bisa ribuan orang.
  • Harga jual yang rendah. Kita sudah susah payah membeli barang tersebut dengan harga yang tinggi, namun demi mendapatkan sedikit uang, kita harus menjual dengan harga yang sangat rendah.

Baiklah kalau begitu, mari kita bahas barang apa saja yang bisa kita gadaikan?

Motor dan Mobil

Cari pinjaman uang menggunakan jaminan surat kepemilikan kendaraan mobil dan motor atau dengan kata lain Gadai BPKB adalah jenis pinjaman yang paling populer saat ini karena prosesnya cukup mudah dan cairnya juga sangat cepat.

Barang elektronik

Kamu pasti sayang kan sama barang-barang elektronik yang ada di rumah kamu dan tidak ingin menjualnya. Sekarang saatnya barang-barang kamu tersebut membalas rasa kasih sayangmu dengan bersedia untuk digadaikan. Kamu bisa ke tempat-tempat gadai barang elektronik seperti pegadaian dll.

Rumah atau properti

Untuk mendapatkan dana tunai dengan jumlah yang sangat besar, kamu bisa menggunakan properti seperti rumah dan ruko sebagai jaminan.

Bukan hanya rumah dan ruko, namun kamu bisa menggunakan Tanah, sawah, kebun, dan aset lain yang bisa kamu jadikan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman. Tapi harus kamu diketahui bahwa properti tersebut harus memiliki surat yang lengkap sebelum dijadikan agunan.

Pastikan kamu memiliki sertifikat tanah (SHM), izin mendirikan bangunan (IMB), surat pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), dan lain-lain. Kalau dokumen kamu tidak lengkap, pihak multifinance, bank atau penyedia jasa pinjaman akan menolak permohonan kredit kamu.

Surat Keterangan (SK) pengangkatan pegawai

Kalau kamu saat ini adalah seorang karyawan tetap di perusahaan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS), kamu bisa menggunakan SK pengangkatan sebagai jaminan pinjam uang. Tempat yang kamu bisa datangi adalah bank dan koperasi.

Hewan Ternak

Hewan ternak bisa kamu gunakan sebagai jaminan ke bank untuk mendapatkan uang, biasanya hanya bank milik pemerintah yang menyediakan fasilitas peinjaman seperti ini. Tapi perlu kamu ketahui bahwa tidak sembarang hewan ternak yang bisa digunakan sebagai jaminan, hanya sapi betina produktif yang bisa dijaminkan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA adalah salah satu produk pinjaman yang memiliki bunga yang sangat tinggi. Proses di KTA memang tidak serumit jika menggunakan jaminan, namun kekurangan dari pinjaman tanpa agunan adalah plafon yang diberikan sangat kecil dan bunga yang diberikan tinggi sekali. Sebelum berniat mengambil KTA, ada baiknya kamu baca artikel mengenai KTA

Demikian adalah tips-tips untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus mengorbankan aset kesayangan Anda.

Semoga dengan tips ampuh tersebut, kamu bisa ikut mengurangi angka pengangguran dan membangun ekonomi negara dengan menjadi seorang wirausahawan yang sukses.


Pendaftaran Blog



Login Blog