jpnn.com

Minggu, 09 Juli 2017 | 10:55:45

Peran Bidan Masih Penting dalam Melakukan Persalinan Di Rumah

Peran Bidan Masih Penting dalam Melakukan Persalinan Di Rumah

Melahirkan merupakan satu fase dalam hidup wanita yang akan dijalani. Melahirkan merupakan bukti nyata kuatnya seorang wanita dan perjuangan seorang ibu. Teknologi zaman sekarang sudah semakin berkembang. Begitu pula dengan teknologi dalam membantu ibu dalam melahirkan. Metode-metode canggih itu biasa digunakan dokter di rumah sakit dalam membantu persalinan.

Di samping melahirkan di rumah sakit, anda juga dapat memilih metode lain. Misalnya melahirkan di rumah sendiri. Sebagian orang yang memilih untuk melahirkan sendiri di rumah mempertimbangkan berbagai faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal misalnya norma, budaya atau agama. Faktor internal adalah keinginan untuk melahirkan dalam lingkungan yang akrab dan dikelilingi oleh orang-orang terdekat.

Sayangnya, tidak semua ibu dapat melahirkan di rumah. Hanya ibu dengan kondisi tertentu saja yang dapat melakukannya. Terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi apabila ingin melahirkan di rumah:

  • Memiliki kondisi kesehatan yang baik. Anda dapat dinilai layak untuk melahirkan dirumah apabila kehamilan anda berjalan normal, dan anda tidak memiliki riwayat penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi/hipertensi. Oleh sebab itu, disarankan agar anda melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui kondisi kehamilan.

  • Mempunyai riwayat operasi caesar sebelumnya

  • Tidak mempunyai komplikasi kehamilan, seperti persalinan prematur, preeklamsia, kembar atau lebih, atau bayi dalam posisi sungsang atau lintang pada usia kehamilan 37 minggu.

Apabila anda memilih untuk melahirkan di rumah, penting untuk memahami bahwa jika timbul komplikasi, anda mungkin harus segera rujuk ke Rumah Sakit. Untuk itu penting juga memastikan lokasi dan ‘lokasi eksekusi’ sebagai tindakan preventif apabila ada hal atau kondisi diluar perkiraan dan harapan.

Lalu, bagaimana peran bidan dalam persalinan yang dilakukan di rumah? Bidan berperan untuk memberikan pengarahan kepada keluarga dan calon ibu, seperti dalam mempersiapkan rumah anda dan tempat melahirkan.

Bidan merupakan praktisi dalam kesehatan yang berkompeten di bidangnya. Bidan nanti akan membawa peralatan serta persediaan untuk melakukan tindakan awal yang diperlukan, pada saat proses persalinan maupun dalam keadaan darurat. Peralatannya antara lain peralatan resusitasi bayi dan oksigen, infus dan pengobatan untuk menghentikan perdarahan postpartum.

Bidan akan membantu anda dalam proses persalinan dan memberikan instruksi-instruksi yang harus anda dan orang sekeliling anda lakukan, ketika berada dirumah. Melahirkan dengan ditemani praktisi kesehatan yang kompeten seperti bidan akan menambah rasa aman bagi anda dan keluarga yang menemani dan menyaksikan proses persalinan.


Pendaftaran Blog



Login Blog