jpnn.com

Senin, 03 April 2017 | 11:08:22

Pengaruh pH Terhadap Korosi

Pengaruh pH Terhadap Korosi
Pengaruh pH Terhadap Korosi - Korosi merupakan proses perusakan benda logam, logam akan mengalami penurunan degration karena saling bereaksi dengan lingkungan secara kimia maupun tidak. Korosi biasanya disebabkan oleh tingkat kelembaban lingkungan, penyimpanan yang tidak benar, tingkat oksigen diudara, dan lain sebagainya.
 
Selain itu korosi juga disebabkan oleh air apalagi air hujan karena air hujan bersifat asam. Ph air sangat berpengaruh bagi korosi karena apabila kadar ph air tidak sesuai ukuran yang aman untuk laju korosi maka laju korosi akan meningkat.

Kadar pH air yang netral yaitu =7, basa >7, asam <7. Kadar pH air yang baik agar korosi tidak meningkat yaitu berkisar antara 7 sampai 13. Apabila besi dalam kadar pH air kurang dari 7 dan lebih dari 13 maka laju korosi pada besi akan meningkat.

Untuk mengukur kadar pH air anda bisa mengukurnya dengan pH meter air sedangkan untuk mengetahu kadar ph dalam tanah ada bisa menggunakan ph meter tanah. Jika Anda mebutuhkan alat tersebut, biasanya alat tersebut sering disebut ph tester atau ph meter.

Benda yang sering digunakan dalam rumah tangga biasanya rentan terhadap  korosi contohnya yaitu aluminium, besi, seng, dan tembaga. Pada benda yang rentan terhadap korosi  pertama muncul lubang-lubang korosi yang bisa dilihat dengan mata telanjang (tidak menggunakan alat bantu). Menurut trijinx.com Apabila benda yang rentan terhadap korosi  tidak dirawat dengan baik maka lambat laun benda tersebut  akan rusak.

Cara Untuk Meminimalisir Korosi :

  1. Melapisi dengan oli maupun minyak.
  2. Melapisi dengan cat.
  3. Melapisi dengan kromium.
  4. Melapisi dengan plastik.
  5. Galvanisasi ( pelapisan logam besi).
  6. Menyimpan benda yang rentan terhadap korosi di dalam ruangan yang kering dan tidak lembab.

Apabila tidak mengetahui kadar pH dan kelembaban lingkungan terus meningkat, maka korosi akan menyebabkan keropos pada besi yang digunakan untuk menopang bangunan dan bangunan akan runtuh. Dan juga akan menyebabkan benda keropos pada benda yang sering digunakan di rumah tangga apabila tidak merawatnya dengan baik.


Pendaftaran Blog



Login Blog