jpnn.com

Rabu, 09 Agustus 2017 | 19:20:30

Beragam Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tak tahu jenis makanan berbahan dasar susu segar ini? Ya, keju merupakan salah satu jenis makanan berbahan susu yang biasa digunakan untuk campuran berbagai makanan, mulai dari roti, pizza, hingga makanan gurih lainnya.

Nah selain memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang khas (sesuai jenis keju yang digunakan), keju juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh anda. terutama untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat keju untuk tubuh anda? yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Pembangun jaringan otot

Manfaat keju yang pertama dan cukup jarang diketahui orang adalah keju dapat bermanfaat sebagai pembangun jaringan otot juga untuk metabolisme sel-sel tubuh dan tulang.

Manfaat ini di dapatkan dari kandungan asam amino yang cukup lengkap pada keju.

  • Menjaga membran mukrosa

Pada setiap bagian tubuh, terutama wajah, anda akan menjumpai beberapa membran mukrosa seperti pada area lingkar mata, lekukan hidung dan bibir. Pada bagian ini biasanya anda tak diperbolehkan menggunakan krim atau mengoleskan benda lain dengan kandungan zat kimia tinggi.

Hal ini disebabkan karena membran mukrosa jauh lebih rentan terganggu. Namun dengan kandungan ribaflavin yang tinggi pada keju anda tak perlu lagi khawatir sebab kandungan zat ini dapat membantu menjaga kesehatan membran mukrosa dan membantu metabolisme karbohidrat.

  • Menjaga fungsi safar

Salah satu bagian tubuh yang paling berfungsi untuk pengaturan seluruh anggota badan adalah safar. Sehingga tak heran bagian kecil dari tubuh anda ini memerlukan nutrisi khusus seperti keju.

Ya, sebab kandungan vitamin B12 dan asam folat yang tinggi bisa membantu menjaga kesehatan saraf, mematangkan sel darah merah juga membantu sintesa DNA.

  • Antioksidan

Kandungan zat lain yang banyak dimiliki keju adalah selenium, dimana zat ini sangat penting untuk sintesa zat antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas.

  • Pembentukan tulang

Mungkin sudah tidak aneh lagi jika makanan yang berbahan susu memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tulang, dan gigi. Namun tak hanya itu, kandungan fosfor yang tinggi pada keju juga mampu memberikan manfaat lainnya seperti membantu pembentukan ATP untuk produksi energi, pembentukan tulang dan gigi serta mampu menjaga asam basa.

  • Bagus untuk tulang

Salah satu kandungan zat yang terkenal dimiliki setiap olahan susu adalah kalsium. Dimana kalsium merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Kalsium juga sangat dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah ketika ada luka, menjaga fungsi saraf, otot maupun irama jantung.

  • Untuk kesehatan kulit

Siapa bilang keju hanya baik untuk organ dalam tubuh seperti tulang, saraf dan lain-lain. nyatanya keju juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada bahan makanan inilah yang akan membantu menjaga kesehatan alami kulit serta menjaga kesehatan mata, juga mampu menjaga jaringan permukaan dan perlindungan pada infeksi.

  • Meredakan stress

Selain coklat, keju juga memiliki satu zat yang bernama tryptophan. Yaitu zat yang sejenis dengan asam amino dan bermanfaat untuk meredakan stress, mengurangi sindrom pra menstruasi dan membantu anda cepat tidur.

  • Untuk makanan diet

Meskipun tinggi fosfor dan kalsium, namun keju memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup rendah, sehingga tak heran jika makanan yang satu ini cocok untuk menu diet anda.

  • Mencegah kerusakan gigi

Manfaat lain dari keju adalah untuk mencegah kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang tinggi pada keju mampu melindungi gigi menjadi jauh lebih kuat.

  • Menyuburkan kandungan

Keju merupakan bahan pangan yang berbahan dasar susu, dan seperti kita ketahui bahwa susu adalah salah satu makanan penyubur kandungan yang efektif.

Jadi jangan sampai lewatkan makanan lezat yang satu ini yaa.


Pendaftaran Blog



Login Blog