jpnn.com

Kamis, 28 Juli 2016 | 15:06:02

Apakah Anda Tahu Cara Bank Menilai Rumah Jaminan?

Apakah Anda Tahu Cara Bank Menilai Rumah Jaminan?
Banyak orang saat ini membeli rumah kredit dengan jaminan bank. Ini adalah suatu cara yang lazim. Sayangnya praktek ini sangat erat kaitannya dengan ribawi, mengambil keuntungan saat orang merasa kesusahan. 
 
 
Inginkan suatu hal tetapi tak mempunyai cost saat ini bukanlah lagi jadi masalah. Beragam sarana credit perbankan dapat jadi jalan keluar. Diluar itu menjaminkan satu barang seperti rumah dapat juga jadi jalan keluar atas permasalahan ini. 
 
Selain itu, membeli furniture rumah juga kerapkali dibumbui dengan akad kredit. Ini sangat tidak disarankan karena harga yang akan anda dapatkan akan jauh lebih mahal. Menurut saya, lebih baik anda menabung untuk membeli furniture maupun rumah tinggal. 
 
Menjaminkan rumah pada pihak bank memanglah tidaklah gampang. Tetapi dengan menjaminkan rumah, jadi dana fresh bisa di terima serta yang memiliki rumah tetaplah dapat tinggal ditempat itu. Pihak bank cuma inginkan sertifikat serta berkas legal yang lain untuk ditanggungkan serta bukanlah fisik dari rumah itu. 
 
Walau sekian, jumlah dana yang di terima pihak pemohon jaminan tidaklah sesuai sama nominal harga rumah. Pihak bank umumnya bakal memberi sekitaran 70-80% dana dari harga rumah yang ditanggungkan. Umpamanya bila harga rumah Rp 500 juta, jadi bank cuma bakal mencairkan dana sebesar Rp 350-400 jutaan. 
 
Waktu menginginkan ajukan penjaminan rumah jadi Anda butuh menyiapkan sebagian dokumen seperti : 
  • Foto copy jati diri (KTP/SIM/Paspor) 
  • Sertifikat rumah 
  • Foto copy slip upah 3 bln. terakhir 
  • Salinan kartu keluarga 
  • Salinan buku tabungan 
  • Salinan akta nikah (bila telah menikah) 
  • Rekening listrik 
  • Rekening telepon 
  • NPWP 
 
Kemukakan dokumen itu pada pihak bank. Nanti bank bakal menilainya rumah itu melalui tim appraisal yang memanglah ditunjuk oleh bank. Mereka bakal menaksir harga rumah yang bakal jadi jaminan. 
 
Bank bakal lakukan sebagian pendekatan untuk memberi harga. Umumnya pendekatan harga pasar serta pendekatan cost jadi langkah yang dipakai oleh pihak bank. 
 
Pihak bank bakal ajukan pertanyaan mengenai harga tanah rumah dan mencari tahu info melalui tetangga yang ada di sekitaran rumah. Cara mtr., cara lebih kurang, atau cara quantity surveyor sering kali dipakai dalam menaksir rumah dengan pendekatan cost. 
 
(Rumus pendekatan cost : Nilai pasar = harga tanah + nilai bangunan serta fasilitas pelengkap bangunan) 
 
Sedang waktu memakai pendekatan harga pasar, pihak appraisal bakal mencari tahu info serta data dari bangunan yang sama juga dengan rumah yang ditanggungkan. Pihak bank bakal mencari tahu harga market sebagian rumah serta mencari persamaan data dengan rumah lain yang di jual pada tempat sama. 

Pendaftaran Blog



Login Blog